Arsip Blog

Senin, 21 November 2011

Etika Bisnis dan Profesi Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya

Etika Bisnis dan Profesi Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya
1. Menggunakan pendekatan proses transformasi diri Danah Zohan dan Ian Marshall, yaitu: proses memahami (to understand), mengalami (to experience) dan menjadi (to become). Pada setiap bab diawali dengan pembahasan dan diskusi berbagai konsep dan teori-teori yang berkaitan dengan etika untuk memperoleh wawasan dan pengertian melalui proses memahami (to understand). Pada bagian akhir dari setiap bab dilengkapi dengan contoh-contoh kasus nyata. Bagi pembaca mahasiswa yang belum mempunyai pengalaman dalam menjalankan bisnis atau suatu profesi, maka melalui pembahasan kasus-kasus nyata ini diharapkan akan lebih mudah mengantarkan mereka memasuki tahap, atau proses mengalami (to experiences). Bagi pembaca yang telah berkecimpung dalam kehidupan bisnis dan profesi, pembahasan konsep dan kasus ini dapat dijadikan bahan refleksi diri atas apa yang telah dilaksanakan dan sekaligus sebagai panduan pelengkap dalam proses keputusan dan tindakan ke depan. Kombinasi proses memahami dan proses mengalami ini diharapkan dapat membantu pembaca dalam proses menjadi (to become), yaitu suatu proses untuk meningkatkan kesadaran etis; suatu proses untuk membangun kebiasaan perilaku etis dalam setiap proses keputusan dan tindakan sehari-hari yang dilaksanakan, sehingga apapun yang diputuskan dan dilaksanakan dapat memberi makna bagi diri sendiri dan seluruh kehidupan di bumi.
2. Pendekatan hakikat manusia utuh Steven R. Covey, yaitu: memahami dan menerapkan etika dalam kaitannya dengan pembangunan manusia seutuhnya; dengan kata lain menghubungkan kajian etika dengan tiga dimensi utuh hakikat manusia: pengembangan kecerdasan fisik (PQ), kecerdasan fikiran (kecerdasan intelek/IQ, kecerdasan emosional/EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ).
3. Etika Umum dan Etika Terapan: Bagian Pertama dari buku ini menekankan pembahasan konsep-konsep dan teori-teori etika yang bersifat umum (etika teoritis), sedangkan Bagian Kedua dan Bagian Ketiga merupakan implementasi etika umum (etika terapan) dalam menjalankan bisnis dan profesi tertentu. Bagian Kedua berisi etika terapan bagi para pelaku bisnis (etika bisnis), sedangkan Bagian Ketiga merupakan implementasi etika umum (etika terapan) bagi kaum profesional dalam menjalankan profesi khusus tertentu, seperti: akuntan, psikolog, pengacara dan profesi lainnya (etika profesi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar