7 Etika Bisnis Pengusaha Asing Jepang
7 Etika Bisnis Pengusaha Asing Jepang – Kukuh bukanlah seorang pengusaha yang tau detail tentang bisnis apalagi masalah etika bisnis pengusaha asing seperti pengusaha-pengusaha Jepang. Tapi di sini kukuh mau berbagi sedikit informasi tentang negara di Asia yang memiliki bisnis besar khususnya Jepang. Seperti kita ketahui bersama bahwa negara ini tetap menjadi salah satu perekonomian terbesar di dunia.
Jepang terkenal karena menjadi negara yang berpotensi bagi pengusaha asing untuk mencoba mempraktekan ide bisnisNya. Namun, untuk membentuk hubungan bisnis dengan perusahaan Jepang diperlukan banyak etika bisnis yang mesti Anda ketahui.
Berikut adalah “7 Etika Bisnis Pengusaha Asing Jepang” :
1. Memahami bahwa interaksi bisnis terjadi pada tahap yang berbeda
Di Jepang, hubungan membangun bisnis sangatlah berbeda. Misalnya, para pengusaha Jepang sangat berlarut-larut untuk bisa mengenal Anda. Jika Anda sedang terlibat dengan sebuah perusahaan Jepang dengan tujuan membentuk hubungan jangka panjang potensial dengan mereka, mempertimbangkan untuk menyewa seorang konsultan budaya untuk membantu Anda.
2. Cari mitra untuk memperkenalkan Anda ke perusahaan yang potensial
Japanese bisnis dan hubungan sosial hampir selalu dimulai dari hasil pengenalan, kesempatan pertemuan dan perkenalan diri.
3. Memberi dan menerima kartu nama dengan kekedua tangan dan menatap kartu untuk beberapa saat
Ketika memperkenalkan kartu nama, melakukannya dengan kedua tangan diperpanjang di depan Anda dan ketika Anda menerima kartu, Anda harus menatapnya, setidaknya selama 10-20 detik sebelum memasukkannya ke dalam saku baju atau atas Anda.
4. Pelajari frase “hajimemashite”
Ketika bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya, Anda mesti mengatakan “hajimemashite” [ha-jee-bisa-mah-sh-tay] yang berarti “Senang bertemu Anda.”
5. Bow appropriately (membungkuk)
Membungkuk di Jepang itu penting, dengan banyak seluk-beluk yang perlu dipelajari jika Anda melakukannya dengan benar.
6. Belajar membaca antara baris
Di Jepang, kata “tidak” ini hampir tidak pernah diucapkan. Sebaliknya, ada sejumlah kata yang memusingkan untuk diberi tahu kata “tidak” di Jepang.
7. Buka setiap pertemuan dengan menjadi pendengar yang baik
Dengan kata lain, biarkan rekan bisnis Jepang Anda untuk menghabiskan banyak waktu untuk berbicara tentang hal-hal mungkin relevan dengan hubungan bisnis usaha Anda. Ada alasan untuk semua ini, dan ini akan menguntungkan Anda untuk sabar mengikuti arus.
Dalam rangka meningkatkan kesempatan Anda untuk keberhasilan bisnis di Jepang, pertimbangkan “7 Etika Bisnis Pengusaha Asing Jepang” ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar